PANDUAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU
STIKES JENDERAL A. YANI CIMAHI
TA 2016/2017

I. Pendahuluan

Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal A. Yani ( Stikes Jenderal A. Yani ) Cimahi melalui 3 (tiga) tahapan yaitu : Pendaftaran, Seleksi, dan Registrasi.

II. Waktu, Persyaratan, dan Tata Cara Pendaftaran :

2.1. Waktu Pelaksanaan

Pendaftaran dilaksanakan sesuai jadwal sebagai berikut :

a. Jalur PMDK : 4 Januari 2016 – 8 April 2016
b. Jalur USM :

Gelombang I : 11 Januari 2016 – 22 April 2016
Gelombang II : 23 April 2016 – 17 Juni 2016
Gelombang III : 18 Juni 2016 – 29 Juli 2016

c. Jalur Bidikmisi, dilaksanakan bersamaan dengan USM Gelombang III

2.2. Persyaratan dan Biaya Pendaftaran

a.  Persyaratan umum pendaftaran

1. Warga negara Indonesia
2. Dasar Pendidikan

a) Kelas regular : Lulusan SMA/MA/SMK (disesuaikan)/Sederajat
b) Khusus Prodi Kebidanan (D-3) dan Analis Kesehatan (D-3) : Lulusan SMA/MA (Jurusan IPA, IPS dan Bahasa), SMK (Jurusan Kesehatan)
c) Kelas non reguler Prodi Kesmas (S-1) dan Ilmu Keperawatan (S-1) : Lulusan Diploma III dengan program pendidikan yang sesuai dengan program studinya (tahun lulus tidak dibatasi).
d) Program Studi Ilmu Keperawatan (S-2): lulusan Program Pendidikan Profesi Ners.

b. Persyaratan khusus

1. Tinggi badan

Prodi Kebidanan (D-3) : minimal 150 cm
Prodi Ilmu Keperawatan (S-1) dan Keperawatan (D-3) : laki-laki : 155 cm, perempuan 150 cm.

2. Bagi pendaftar Program Studi Ilmu Keperawatan (S-2), harus memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun setelah pendidikan ners, kecuali yang tugas belajar dari institusi pendidikan baik negri maupun swasta (dibuktikan dengan adanya surat rekomendasi/penugasan dari institusinya) diperbolehkan memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun.

c. Biaya Pendaftaran dan Sumbangan Sukarela

1.Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-  (satu atau dua pilihan prodi), kecuali Program Studi Ilmu Keperawatan (S-2) Rp. 500.000,- dan Program Studi Profesi Ners Rp. 350.000,- (Non Alumni Stikes Jenderal A. Yani Cimahi) dan Rp. 250.000,- (Alumni).
2. Sumbangan sukarela diisi pada formulir kesediaan memberikan sumbangan sukarela bermeterai 6.000,- dengan ditentukan sebagai berikut :

a) Prodi Kebidanan (D-3) minimal Rp. 2.500.000,-, kelipatan Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah)
b) Prodi Ilmu Keperawatan (S-1) minimal Rp. 1.500.000,-, kelipatan Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah)
c) Prodi Ilmu Keperawatan (S-2) minimal Rp. 1.000.000,-, kelipatan Rp. 1.000.000,- (Satu juta rupiah)
d) Prodi Kesehatan Masyarakat (S-1), Keperawatan (D-3), Analis Kesehatan (D-3), dan Prodi Profesi Ners dari luar Stikes Jenderal A. Yani Cimahi minimal Rp. 1.000.000,-, kelipatan Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah)

2.3. Tata cara Pendaftaran

Pendaftaran dilaksanakan sesuai dengan jalurnya, sebagai berikut :

a. Jalur PMDK

Jalur PMDK dibuka untuk penerimaan mahasiswa baru Program Studi Reguler yaitu : Kesehatan Masyarakat (S-1), Ilmu Keperawatan (S-1), Keperawatan   (D-3), Kebidanan (D-3), dan Analis Kesehatan (D-3).

1. Ketentuan

a) Pendaftar berstatus siswa kelas XII SMA/MA/SMK (khusus jurusan Kesehatan)disesuaikan)/Sederajat  pada tahun ajaran 2015/2016.
b) Nilai rapor rata-rata semester 1 s.d. 5 untuk mata pelajaran yang diujikan pada UAN, dengan ketentuan sebagai berikut :

No Program Studi Nilai Rata-rata
1 Kebidanan (D-3) ≥ 8
2 Keperawatan (S-1) ≥ 7,5
3 * Kesehatan Masyarakat (S-1)
* Keperawatan (D-3)
* Analis Kesehatan (D-3)
≥ 7,5

2. Tata cara Pendaftaran

a) Mengisi formulir pendaftaran (bisa dilakukan secara on line).
b) Mengisi surat pernyataan memberikan sumbangan sukarela.
c) Menyerahkan foto kopi rapor semester 1 s.d 5 yang telah dilegalisir kepala sekolah/yang berwenang.
d) Menyerahkan pas foto  berwarna terbaru ukuran 3 x 4 (4 lembar) dan 2 x 3 (4 lembar).
e) Menyerahkan foto kopi akte kelahiran (1 lembar).
f) Menyerahkan foto kopi KU-1 yang dilegalisir (1lembar) bagi KBAD (Keluarga Besar Angkatan Darat) dan Kartu Keluarga (1lembar) bagi KBS (Keluarga Besar Stikes Jenderal A. Yani Cimahi).

b. Jalur Ujian Saringan Masuk (USM )

Ujian Saringan Masuk (USM ) dilakukan sesuai tata cara sebagai berikut :

  1. Mengisi formulir pendaftaran (bisa dilakukan secara online).
  2. Mengisi surat pernyataan memberikan sumbangan sukarela.
  3. Menyerahkan foto kopi Ijazah/STTB, surat keterangan lulus/surat keterangan sedang menempuh pendidikan di tingkat akhir yang dilegalisir (1 lembar).
  4. Menyerahkan foto kopi Transkrip Nilai, SKHU yang dilegalisir (1 lembar)
  5. Menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4 ( 4 lembar ) dan 2x3 (4 lembar).
  6. Menyerahkan foto kopi Akte Kelahiran (1 lembar).
  7. Menyerahkan foto kopi KU-1 (1lembar) yang dilegalisir bagi KBAD dan kartu keluarga (1 lembar) bagi KBS.
  8. Khusus Prodi Ilmu Keperawatan (S-2) : menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit pemerintah dan surat keterangan tidak buta warna dari dokter spesialis mata.

c. Jalur Bidikmisi

Penerimaan mahasiswa baru jalur Bidikmisi hanya menerima mahasiswa baru Program Studi Kesehatan Masyarakat (S-1), dengan kuota penerimaan ditentukan oleh Kopertis Wilayah IV.

1. Ketentuan

a. Calon mahasiswa baru adalah siswa SMA/MA/SMK (disesuaikan)/bentuk lain sederajat yang akan/baru lulus.
b. Calon Mahasiswa baru maksimal 21 tahun.
c. Pendidikan orang tua/wali setingi-tinginya S-1 (Strata) atau Diploma 4.
d. Tidak mampu secara ekonomi, sebagai berikut :
Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami,istri) sebesar-besarnya Rp. 3.000.000,- /bulan, pendapatan tersebut dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,-

2. Tata Cara Pendaftaran

a. Mengisi lengkap formulir pendaftaran.
b. Menyerahkan surat rekomendasi pendaftaran jalur Bidikmisi yang dikeluarkan oleh pihak sekolah.
c. Menyerahkan foto kopi laporan prestasi belajar mulai semester 4 s.d 6 beserta peringkat kelasnya (1 lembar) dilegalisir.
d. Menyerahkan foto kopi Ijazah dan Nilai UAN (1 lembar) dilegalisir.
e. Menyerahkan foto kopi sertifikat prestasi yang pernah diraih (jika ada).
f. Menyerahkan pas foto berwarna ukuran 2 x 3 dan 3 x 4 (4 lembar).
g. Menyerahkan foto keluarga, foto rumah tampak depan dan ruang keluarga.
h. Menyerahkan surat keterangan tidak mampu dari lurah/kepala desa.
i. Menyerahkan surat penghasilan ortu/wali disyahkan oleh yang berwenang.
j. Menyerahkan foto kopi kartu keluarga (1 lembar ).
k. Menyerahkan bukti pembayaran PBB dan Listrik satu bulan terakhir.

III. Sekretariat Pendaftaran

Alamat sekretariat Pendaftaran Mahasiswa Baru Stikes Jenderal A. Yani Cimahi :
Kampus Stikes Jenderal A. Yani Cimahi Gedung Dekanat lantai 1
Jl. Terusan Jenderal Sudirman Cimahi 40533 Telp. 022 6631623 Fax 022 6631624

Pendaftaran on line : stikesayani.ac.id ; e-mail : pmb@stikesayani.ac.id

IV. Seleksi dan pengumuman

4.1. Seleksi dilakukan untuk menyaring pendaftar yang memiliki potensi prestasi  sesuai dengan kuota/daya tampung masing-masing Program Studi, Seleksi dilakukan melalui tahapan sebagai berikut :

a. Uji Tulis, seleksi yang harus ditempuh oleh semua calon mahasiswa baru kecuali calon mahasiswa baru jalur PMDK, Bidikmisi, dan Program Studi Profesi Ners yang tahun lulusnya kurang dari 2 tahun kecuali calon mahasiswa Prodi Profesi Ners yang berasal dari luar Stikes Jenderal A. Yani Cimahi, adapun materi yang diujikan sebagai berikut :

1) Materi Uji Tulis untuk Prodi Kelas Reguler Kesmas (S-1), Ilmu Keperawatan (S-1), Keperawatan (D-3), Kebidanan (D-3), dan Analis Kesehatan (D-3), yaitu Test Verbal, Test Kuantitatif, Test Logika, Test Spatial, Kesusasteraan, dan Bahasa Inggris.
2) Materi Uji Tulis untuk Prodi Kelas Non Reguler Prodi Kesmas yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kesehatan Masyarakat Terpadu.
3) Materi Uji Tulis untuk Prodi Kelas Non Reguler Prodi Ilmu Keperawatan (S-1)  yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Keperawatan Terpadu.
4) Materi Uji Tulis untuk Prodi Profesi Ners yaitu Keperawatan Terpadu.
5) Materi Uji Tulis untuk Prodi Ilmu Keperawatan (S-2) yaitu Test Potensi Akademik (TPA).

b. Uji Kesehatan (Semua Prodi kecuali Prodi Ilmu Keperawatan S-2) dengan biaya Rp. 150.000,-
c. Uji Kompetensi khusus Prodi Profesi Ners.
d. Test Potensi Akademik (TPA), Test Toefl, dan Wawancara khusus Prodi Ilmu Keperawatan (S-2).

4.2 Waktu Pelaksanaan Seleksi

Seleksi dilakukan sesuai Jadwal sebagai berikut :

No Gelombang Uji Tulis Uji Kesehatan
1. PMDK - 26 s.d 27 April 2016
2. Gelombang I 23 April 2016 26 s.d 27 April 2016
3. Gelombang II 18 Juni 2016 21 s.d 22 Juni 2016
4. Gelombang III dan Bidikmisi 30 Juli 2016 2 s.d 3 Agustus 2016

4.3 Peserta yang dinyatakan diterima sebagai mahasiswa baru untuk semua Program Studi akan diumumkan melalui :

a. Papan pengumuman di sekretariat pendaftaran Stikes Jenderal A. Yani Cimahi.
b. Internet di situs www.stikesayani.ac.id

V. Registrasi Mahasiswa Baru

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi diwajibkan melaksanakan Registrasi Keuangan dan Akademik, sebagai berikut :

a. Waktu Pelaksanaan Registrasi

# PMDK/Gelombang I              : 2, 3, 4, 7, 9 dan 10 Mei 2016
# Gelombang II        : 27 Juni s.d 2 Juli 2016
# Bidikmisi/Gelombang III       : 8 s.d 13 Agustus 2016

b. Registrasi Keuangan

b. Registrasi Keuangan

  1. Mahasiswa baru wajib membayar biaya yang telah ditentukan yaitu Biaya Pendidikan (dapat diangsur 3 kali selama satu semester dengan besaran angsuran 1 : 50 %,  angsuran 2 : 25 %, dan angsuran 3 : 25 %),  Seragam/Jas Almamater dan  Sumbangan Sukarela pembayaran langsung sekaligus (tidak dicicil)
  2. Pembayaran biaya tersebut ke rekening BNI dengan nomor rekening 0090897739 atas nama YKEP. Adapun rincian biaya yang harus dipenuhi oleh mahasiswa baru pada saat registrasi, sebagai berikut :

a)  Jalur PMDK (lampiran 1)

Download (pdf).

b) Jalur KBAD dan KBS (lampiran 2)

Download (pdf).

c)  Jalur Ujian Saringan Masuk (USM) (lampiran 3)

Download (pdf).

d) Jalur Bidikmisi, Khusus mahasiswa baru yang di terima di jalur Bidikmisi tidak dibebankan biaya selama menempuh pendidikan.

c. Registrasi Akademik

Setelah melakukan registrasi keuangan mahasiswa baru diwajibkan melakukan registrasi akademik dengan melengkapi kelengkapan :

  1. Slip pembayaran biaya pendidikan.
  2. Formulir pendaftaran.
  3. Foto kopi Ijazah terahkir yang dilegalisir.
  4. Foto kopi Transkrip Nilai yang dilegalisir.
  5. Surat pernyataan bersedia mentaati peraturan/tatatertib pendidikan.
  6. Surat pernyataan kesediaan menanggung biaya pendidikan.
  7. Data pribadi mahasiswa.
  8. Akte Kelahiran.
  9. KU-1 (bagi KBAD ).
  10. Kartu Keluarga (bagi KBS).
  11. Formulir pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa ( KTM ).

VI. Ketentuan Pengembalian Biaya Pendidikan

Ketentuan pengembalian biaya pendidikan bagi mahasiswa baru yang telah melaksanakan registrasi, sebagai berikut :

  1. Mengundurkan diri dengan alasan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN ) atau Sekolah Kedinasan di tahun 2015.
  2. Pengunduran diri dilakukan maksimum 7 hari sejak diumumkan hasil seleksi PTN atau Sekolah Kedinasan tersebut, pengunduran diri 8 hari dan seterusnya sejak diumumkannya hasil seleksi tersebut semua biaya yang telah diserahkan tidak dikembalikan.
  3. Biaya yang dikembalikan sebesar 80 % dari biaya pendidikan yang sudah diserahkan, kecuali biaya seragam dan sumbangan sukarela.

VII. Prosedur Pelaporan Pengunduran Diri

  1. Mengajukan surat pengunduran diri kepada ketua Stikes Jenderal A. Yani Cimahi.
  2. Melampirkan bukti diterima di PTN atau Sekolah Kedinasan (asli bukan foto kopi).
  3. Melampirkan kartu peserta ujian masuk PTN atau Sekolah Kedinasan.
  4. Melampirkan bukti pembayaran asli.
  5. Melampirkan bukti registrasi asli.

VIII. Penutup

Demikian panduan penerimaan mahasiswa baru Stikes Jenderal A. Yani Cimahi TA 2016/2017 disusun sebagai pedoman bagi panitia dan calon mahasiswa baru Stikes Jenderal A. Yani Cimahi.

Cimahi, Januari 2016
Ketua,

ttd

Dedi S. Djamhuri, dr.,Sp.B.

 


# Contact : Panitia PMB
  Telp : (022) 6631622
  Email : pmb@stikesayani.ac.id


PEDOMAN PROGRAM PENERIMAAN MAHASISWA BARU
JALUR PENELUSURAN MINAT DAN KEMAMPUAN (PMDK)
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN JENDERAL ACHMAD YANI CIMAHI
TAHUN AKADEMIK 2016/2017

1. Ketentuan Umum
  • Sebagai sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang mengutamakan kualitas, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Cimahi selalu berupaya menerima mahasiswa baru yang berprestasi. Sejalan dengan itu, Penerimaan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Cimahi dilakukan melalui Ujian Saringan Masuk (USM) dan Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).
  • Penerimaan Mahasiswa Baru jalur PMDK bertujuan agar siswa yang berprestasi baik dan memilih Stikes Jenderal A. Yani Cimahi dapat diterima tanpa harus menempuh Ujian Tulis (Akademik) namun tetap melalui Seleksi Administrasi.
  • Penerimaan Mahasiswa Baru jalur PMDK diberikan kepada seluruh sekolah lanjutan dengan kategori dan ketentuan di bawah ini.
2. Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur PMDK
  • Waktu Pendaftaran : 11 Januari 2016 – 8 April 2015
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 26 April 2016
  • Uji Kesehatan : 26 atau 27 April 2016
  • Pengumuman Hasil Uji Kesehatan : 02 Mei 2016
  • Registrasi : 02 - 10 Mei 2016
  • Bagi Pendaftar jalur PMDK yang dinyatakan tidak lolos Seleksi Administrasi dapat mengikuti Ujian Saringan Masuk dengan biaya pendaftaran Rp. 200.000,- (dua ratus ribu rupiah).

3. Ketentuan Penerimaan Mahasiswa Baru PMDK
  • Mengisi lengkap formulir pendaftaran PMDK.
  • Pendaftar berstatus siswa kelas XII SMA/SMK/MA pada tahun ajaran 2015/2016 dengan ketentuan sebagai berikut :

# Pendaftar untuk program studi Ilmu Keperawatan (S-1), Kebidanan (D-3), Keperawatan (D-3), dan Analis Kesehatan (D-3) harus SMA jurusan IPA/IPS/Bahasa dan SMK jurusan Kesehatan.
# Pendaftar untuk program studi Kesehatan Masyarakat (S-1)  SMA/SMK/MA semua jurusan.

  • Melampirkan surat rekomendasi pendaftaran jalur PMDK yang diberikan oleh pihak sekolah ditandatangani oleh Kepala Sekolah.
  • Diperbolehkan memilih dua pilihan program studi sesuai dengan minatnya.
  • Menyerahkan pasfoto berwarna ukuran 2 x 3 dan 3 x 4 (@4 lembar).
  • Menyerahkan fotokopi Laporan Prestasi Belajar semester 1 s.d. 5 yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah dilengkapi cap basah.
  • Melampirkan foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), bagi yang termasuk dalam Keluarga Besar Angkatan Darat (KBAD) harap melampirkan KU 1.
  • Melampirkan foto copy sertifikat jika memiliki prestasi khusus di bidang akademik, kesenian, dan olah raga.
  • Mempunyai nilai rata-rata Laporan Prestasi Belajar semester 1 s.d. 5 untuk mata pelajaran yang diuji melalui Ujian Akhir Nasional (UAN) untuk berbagai program studi adalah sebagai berikut :
No Program Studi Nilai Rata-rata
1 Kebidanan (D-3) 8
2 Keperawatan (S-1) 7,5
3 * Kesehatan Masyarakat (S-1)
* Keperawatan (D-3)
* Analis Kesehatan (D-3)
7,5

Syarat Registrasi
a. Telah lulus Uji Kesehatan.
b. Membayar biaya pendidikan di BNI 46 dengan nomor rekening  : 0090897739 atas nama Yayasan Kartika Eka Paksi, yang dapat diangsur sebanyak 3 (tiga) kali dengan ketentuan sebagai berikut :
1) Angsuran pertama : Saat registrasi ( 50 % biaya pendidikan, BPU,  Biaya seragam dan sumbangan sukarela).
2) Angsuran kedua : Awal bulan Oktober 2016 (minggu ke 1 sd minggu ke 2 dengan rincian 25 % biaya pendidikan.
3) Angsuran ketiga : Awal bulan Desember 2016 (minggu ke 1 sdminggu ke 2 dengan rincian 25 % biaya   pendidikan.
c. Biaya seragam dan sumbangan sukarela dibayarkan sekaligus pada saat registrasi (tidak diangsur).
d. Melengkapi berkas-berkas pendaftaran yang belum lengkap.

4. Ketentuan Pengembalian Biaya Pendidikan
a. Mengundurkan diri karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN yang diselenggarakan oleh Negara atau Sekolah Kedinasan.
b. Kewajiban yang telah dibayarkan akan dikembalikan setelah dipotong sebesar 20% untuk biaya administrasi.
c. Pengunduran diri selain karena lulus SNMPTN di Perguruan Tinggi Negeri atau Sekolah Kedinasan tidak dapat meminta pengembalian biaya pendidikan yang telah dibayarkan kepada pihak Stikes Jenderal A. Yani Cimahi.
d. Proses pelaporan pengunduran diri :
1) Mengajukan surat pengunduran diri yang dibubuhi meterai Rp. 6.000,- kepada Ketua Stikes Jenderal A. Yani Cimahi dan sekaligus pernyataan permohonan pengembalian biaya pendidikan yang telah dibayarkan.
2) Melampirkan bukti diterima di PTN atau Sekolah Kedinasan (asli bukan foto copy)
3) Melampirkan kartu tanda peserta SNMPTN atau Sekolah Kedinasan.
4) Melampirkan bukti pembayaran asli yang telah dilakukan pada saat registrasi keuangan.
5) Melampirkan Bukti Registrasi Akademik asli.
6) Batas akhir pengajuan surat pengunduran diri paling lambat 1 Juli 2016 (jam kerja) mulai pukul 09.00 s.d. 14.00 WIB.

Ketua,

ttd

Dedi S. Djamhuri, dr.,Sp.B.

 

Copyright©2012-2015, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi