1 2
 

Analis Kesehatan

Isu globalisasi dan perkembangan IPTEK Kedokteran dan Laboratorium Kesehatan menuntut adanya sumberdaya manusia yang bermutu, seiring dengan adanya perkembangan penyakit yang semakin bervariasi tentu memerlukan penanganan yang terpadi baik dari segi klinis, teknologi maupun managemen.

Analis kesehatan sebagai tenaga kesehatan profesional di bidang laboratorium kesehatan memiliki peranan sangat penting dalam memberikan data dan informasi untuk penegak diagnosis, pemantauan jalannya penyakit dan penentuan kesehatan tingkat perorangan, masyarakat dan lingkungan, serta mampu melakukan analisis terhadap kualitas produk makanan dan minuman yang berdampak terhadap kesehatan.

Hingga saat ini kebutuhan akan tenaga laboratorium sangat tinggi sekali baik di sarana pelayanan kesehatan, lembaga riset dan pengembangan, industri makanan dan minuman serta perusahaan distribusi alat kesehatan dan diagnostik. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka Program Studi D–III Analis Kesehatan STIKES Jenderal A. Yani Cimahi memiliki komitmen kuat untuk mencetak tenaga laboratorium kesehatan profesional yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap profesional dalam memberikan pelayanan yang berkualitas serta memiliki kemampuan khusus untuk berkiprah dalam bisnis laboratorium secara mandiri.

Keunggulan:
1. Keahlian di bidang Laboratory Information Systen dan Laboratory Business Management.
2. keahlian khusus dalam bidang Sithohistoteknologi(teknik dasar pembuatan preparat jaringan) dan biologi molekuler(teknik isolasi DNA dan PCR atau Polymerase Chain Reaction).
3. Praktik belajar klinik dan praktik kerja lapangan dilakukan selama 4 bulan di laboratorium klinik dan RS.
4. Tenaga pengajar dengan kualifikasi S1 dan S2 berasal dari UI, ITB, Unpad, UGM, Unjani, Organisasi profesi PATELKI, dan Praktisi dari berbagai RS dan laboratorium kesehatan.
5. Memiliki laboratorium tempat uji kompetensi(TUK) yang terakreditasi oleh LSP dan BNSP(Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Prospek Karier:
Lulusan dapat bekerja di :
1. Laboratorium RS dan klinik yang meliputi:Laboratorium patologi klinik, laboratorium patologi anatomi, laboratorium forensik, laboratorium molekuler, serta bank darah.
2. Lembaga riset dan pengembangan.
3. Industri makanan dan minuman.
4. Perusahaan distribusi alat kesehatan dan diagnostik.

Copyright©2012-2015, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi