Gedung Utama

Gedung F

Perpustakaan

Lab Bahasa

Lab Komputer

Ruang Kuliah

1 2 3 4 5 6
 

Bidan Pendidik

Pendirian program studi Bidan Pendidik (D-IV) didasarkan atas tuntutan masyarakat dalam meningkatkan mutu pelayanan kebidanan secara profesional dan merujuk pada kebijaksanaan pengembangan tenaga kesehatan di Indonesia.
Dengan meningkatnya program pendidikan kebidanan, program diploma diharapkan dapat memberikan dan meningkatkan pengalaman belajar peserta didik sehingga dapat menumbuhkan rasa kompetetif belajar, membina sikap serta keterampilan profesional peserta didik.

Undang-undang guru dan dosen No. 14 Tahun 2005 menetapkan kualifikasi dosen khususnya untuk program D-III harus S2 di bidangnya. Dilain pihak Surat Kepmendiknas No, 234/U/2000 tentang pendirian perguruan tinggi, memberikan arah bahwa dosen tetap pada perguruan tinggi, memberikan arah bahwa dosen tetap pada perguruan tinggi yang baru didirikan untuk setiap program studi sekurang-kurangnya 6 (enam) orang dengan latar belakang pendidikan yang sama/sesuai dengan program studi yang diselenggarakan dan dengan kualifikasi yang memenuhi syarat.

Kondisi saat ini pendidikan bidan di Indonesia baru sampai jenjang D-III, sehingga untuk memenuhi kebutuhan dosen D-III belum dapat memenuhi kebutuhan kriteria seperti yang dipersyaratkan dalam undang-undang no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Mengingat keadaan tersebut dan untuk memenuhi kebutuhan tenaga dosen di pendidikan D-III Kebidanan , Pusdiknakes Depkes RI dan organisasi profesi (IBI) menyelenggarakan program pendidikan bagi tenaga bidan pendidik.

Keunggulan:
1. Memiliki Laboratorium Micro Teaching.
2. Mengadakan pelatihan "Perceptor-Mentor" bagi mahasiswa D-IV bekerjasama dengan poltekkes.
3. Mengadakan pelatihan pelayanan kebidanan terkini bagi mahasiswa D-IV, bekerjasama dengan PKBI Jabar(Pelaksanaan pelatihan diluar waktu kuliah).
4. Mengadakan pelatihan IUD Up to date, implan up to date, pemasangan kondom, pap smear, Voluntary Counseling Test(VCT), Prevention Mother To Child Transfers(PMT-CT).

Prospek Karier:
Lulusan Bidan pendidik (D-IV) dapat bekerja di institusi pendidikan kebidanan, dan bekerja di rumah sakit atau rumah bersalin.

Copyright©2012-2015, ICT Department
Stikes Jenderal A. Yani Cimahi